Sabtu, 12 Januari 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah                       : MTs Al-Huda Bandung
Mata Pelajaran          : Bahasa Inggris
Kelas / Semester         : VII/Ganjil
Aspek                          : Keterampilan berbicara
Alokasi Waktu           :  2 × 40 menit
A.    STANDART KOMPETENSI
2.      Mengungkapkan makna  dalam teks fungsional pendek dan monolog berbentuk recount, narrative dan procedure sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.
B.     KOMPETENSI DASAR
2.1  Mengungkapkan makna dalam teks monolog pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat berbentuk procedure text
C.     INDIKATOR
1.      Menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan procedure text
2.      Menyebutkan karakteristik procedure text
3.      Menciptakan procedure text sendiri.
4.      Menampilkan procedure text yang telah mereka buat.
D.    TUJUAN
Siswa dapat :
1.      Menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan procedure text
2.      Menyebutkan karakteristik procedure text
3.      Menciptakan procedure text sendiri.
4.      Menampilkan procedure text yang telah mereka buat.


E.     MATERI PEMBELAJARAN : Procedure text
Contoh Teks:
1. How to make a cup of coffee

Good morning, everybody. I’d like to tell you about how to make a cup of delicious coffee. Before we can make it, we should prepare the ingredients.
The ingredients that we need to make a cup of coffee are:
One sachet of instant coffee
A teaspoonful of sugar
A cup of hot water

Now, let me tell you the steps:
First, open the sachet and put the instant coffee in the cup.
Second, pour the hot water into the cup.
Next, add a teaspoonful of sugar.
Finally, a cup of delicious coffee is ready to drink.

2. How to sharpen a pencil Using Pencil Sharpener

Good morning, everybody. I’d like to tell you about how to do something, that is how to sharpen a pencil using a pencil sharpener. Before we can do it, we should prepare the tools that we need. They are a pencil and a pencil sharpener. Now let me tell you the steps of doing it.
First of all, hold the blunt pencil in the one hand and the sharpener in the other.
Then, put the pencil in the hole.
Next, twist the pencil.
After that, take it out to see if it has been sharpened.
If it hasn’t, start doing it again.
Finally, take the pencil out.
Now, you can use your pencil.





Characterictic of procedure text :

1.      Social fuction : to describe how to do or to make something Through a sequence of action or steps.
2.      Schematic structure :
·         Goal                                   : the title/ what the text is going to talk about.
·         Materials                            : what is needed to make/ to do something.
·         Steps, Language features : the ways/ direction in doing/ make something.
3.      Language features :
·         Imparative                         : kalimat-kalimat suruh ,misalnya go, sit, don’t put, don’t mix dsb
·         Action verb                       : kata kerja yang berhubungan dengan aktifitas fisik atau intelektual, misalnya, mix, turn, don’t, put dsb.
·         Connective of sequence    : misalnya, then, while, next.
·         Numbering                        : angka – angka yang menunjukkan urutan kegiatan, misalnya first, second, third, dst.

F.      METODE PEMBELAJARAN : brainstorming, game
G.    MEDIA PEMBELAJARANN : card, spidol, whiteboard.
H.    LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan awal  (± 10 menit)

No.
Kegiatan
Karakter
Alokasi waktu
1.     


2.       
Guru memberi salam, menyapa keadaan siswa, dan mengecek kehadiran siswa
Guru menanyakan hal hal yang berkaitan dengan kehidupan sehari hari
Religius,
komunikatif.

Berani berpendapat, aktif
5 menit


5 menit





Kegiatan inti ( ± 70 menit )
No. 
Kegiatan
Karakter
Alokasi waktu
1.   



2.   


3.   

4.     
5.   



6.     

Siswa dibagi kedalam 2 kelompok untuk bermain game berkaitan dengan procedure text
Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang peraturan dalam permainan.
Siswa bermain game sesuai dengan petunjuk guru.
Siswa mengidentikasi text
Siswa menyimpulkan text sudah diidentifikasi.


Siswa mendengarkan penjelasan guru.

Kerjasama, aktif dan komunikatif


Pendengar yang baik

Kerjasama, komunikatif
Berpikir kritis
Menghargai orang lain, mampu mengungkapkan pendapat.
Pendengar yang baik
2 menit



3 menit


30 menit

10 menit
10 menit



15 menit

Kegiatan akhir ( ± 10menit )

No.
Kegiatan
Karakter
Alokasi waktu
1.


2.     

3.       
Guru meriview hasil pendapat  siswa
Siswa diberikan tugas rumah (PR)
 Guru menjelaskan materi berikutnya dan mengakhiri pertemuan.

Pendengar yang baik.

Tanggung jawab

Aktif bertanya
5  menit


2 menit

3 menit




I.       SUMBER PEMBELAJARAN
Buku bahasa inggris :
-    Interactive English junior high school Sudarsono penerbit Yudhistira
-    English in Focus for grade VII Artono Wadiman dkk penerbit pusat perbukuan departemen pendidikan nasional
-   Buku panduan pendidik bahasa inggris untuk SMP/MTs Bachtiar Bima penerbit PT   Jepe press media utama


J.       PENILAIAN
Bentuk            : performance
            Instrument    
Rubrik Penilaian:

No.
Name
Aspect

Jumlah nilai = jumlah score X 10
Idea/ content
Schematic structure & linguistic features
Flueny
                                 
performence
Over all
1.

2.

3.

4.

5.





Kriteria penilaian:
1 = kurang bagus                1.5 = cukup                   2 = bagus                     2.5 = sangat bagus
Nilai = jumlah score X 10

Tulungagung, 09 September 2012
Guru pamong                                                                          Guru PPL




 Anisa Rosyidah S.Pd.I                                                           Nurfika Wahidha
                                                                                                   NIM. 3213093094


Mengetahui,
Kepala MTs Al Huda



                                                           Rohmad Zaini, M.Pd.I
                                                           NIP. 19680909199703 1 002

Tidak ada komentar:

Posting Komentar